,

Cara mengembalikan kelebihan bayar di EASY Accounting 5

Pada dasarnya disetiap perusahaan ada  juga yang mengalami kasus seperti ini, dimana pelanggan membayar tagihannya melebihi yang telah ditagihkannya, dan dalam penginputannya harus sesuai dengan penerimaan dana yang masuk ke dalam kas atau bank perusahaan, kemudian perushaan ingin mengembalikan dana yang kelebihan tersebut kepada pelanggan. Bagaimana cara penginputannya di Easy Accounting? Berikut penjelasan Cara mengembalikan kelebihanbayar di EASY Accounting 5.

Disini kami akan memberikan contoh pelanggan yang mempunyai tagihan sebesar Rp 4.400.000, dan disaat penerimaan penjualan pelanggan tersebut ternyata membayar lebih dari total yang ditagihkan, yaitu pelanggan membayar Rp 4.500.000, kelebihan bayar Rp. 100.000.

Kami akan memberikan alurnya dari faktur penjualan,

Contoh pelanggan CV. Aggita Setia , diketahui pelanggan tersebut telah melakukan pembelian barang kepada Perusahan dengan total tagihan Rp 4.400.000.

Cara mengembalikan kelebihanbayar di EASY Accounting 5

Setelah pembuatan faktur, dilakukan penginputan penerimaan penjualan,

Pilih pelanggan CV. Aggita Setia , lalu pilih invoice/faktur yang tadi Rp 4.000.000 dan centang di Kolom Bayardi sebelah kiri, kemudian klik kanan  di kolom Jumlah Pembayarandan akan muncul  Informasi Diskon, klik tab tersebut.

Cara mengembalikan kelebihanbayar di EASY Accounting 5

Akan muncul tab seperti gambar di bawah, masukkan nilai kelebihan bayarnya di Kolom Nilai Diskondengan ditambahkan “minus” (-), dalam contoh kasus ini kelebihan bayar pelanggan CV. Aggita Setiasebesar Rp. 100.000 jadi masukkan angka 100.000 ditambahkan minus ( -100.000 ), kemudian pilih akun Kelebihan Bayar di kolom Akun Diskon. (Jika belum ada akun, buat akunnya terlebih dahulu dengan tipe Hutang Lancar Lainnya)

Cara mengembalikan kelebihanbayar di EASY Accounting 5

Setelah dimasukkan Nilai Diskondan Akun Diskon, pilih ok dan akan mucul di jumlah pembayaran senilai kelebihan bayar sebesar RP 4.400.000 + Rp 100.000 = Rp. 4.500.000. Jika sudah benar klik Kolom Bayar yang berwarna Orange, lalu klik Simpan Dan Tutup.

Cara mengembalikan kelebihanbayar di EASY Accounting 5

Setelah Simpan Dan Tutupotomatis Uang di Bank BCA masuk nilai sebesar Rp 4.500.000, dalam kasus ini kelebihan bayar yang Rp. 100.000 akan di kembalikan kepada pelanggan, langkah pertama masuk ke Jurnal Umum,

Pilih Akun Kelebihan bayar dan masukan nilai nya Rp 100.000 di Debit dan di kolom kedua masukan Akun Bank BCA dan masukkan nilainya di Kredit, kemudian masukkan di kolom Keterangan, bahwa transaksi ini adalah untuk kelebihan bayar Pelanggan tersebut.

Cara mengembalikan kelebihanbayar di EASY Accounting 5

Demikian penjelasan singkat untuk Mengatasi pelanggan kelebihan dalam membayar tagihan dan cara mengembalikannya di sistem Easy Accounting, penjelasan yang sudah dipaparkan diatas dapat digunakan untuk mengatasi pelanggan yang kelebihan bayar. Untuk penjelasan yang lebih mendetail dan spesifik dapat mengambil Training di kami ACIS Indonesia, dengan mengambil training dapat memudahkan kita memamahi sistem Easy Accounting secara langsung, dan cara penggunaan sistem Easy Accounting termasuk salah satunya cara mengimport barang seperti yang dijelaskan diatas.

Cara mengembalikan kelebihanbayar di EASY Accounting 5

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *