Jaman terus berevolusi. Hingga tibalah kita pada abad serba teknologi. Rata-rata transaksi di era ini dilakukan secara online. Bahkan telah hadir pula alat pembayaran di jagat internet, yaitu mata uang digital atau cryptocurrency. Apa itu Bitcoin?

Bitcoin adalah sebuah mata uang virtual terdesentralisasi yang ditemukan oleh Satoshi Nakamoto. Penemu atau grup anonim menerbitkan sebuah buku putih pada tahun 2008 sebagai sebuah bukti konsep, kemudian merilisnya sebagai perangkat lunak prototipe open source pada tahun 2009. Bitcoin menggunakan teknologi peer-to-peer untuk beroperasi tanpa otoritas pusat atau institusi perbankan; Mengelola transaksi dan menerbitkan BTC baru, juga dikenal sebagai pertambangan, dilakukan secara kolektif oleh jaringan. Bitcoin memiliki banyak karakteristik unik dibandingkan kartu kredit tradisional seperti pembayaran internasional, biaya transaksi rendah, transaksi yang tidak dapat diubah untuk toko online, dan keamanan melalui enkripsi.

BAGAIMANA BITCOIN BARU DIBUAT?

Bitcoin hanya dibuat sebagai sebuah hadiah untuk bukti kerja yang melibatkan hash kriptografi yang disebut pertambangan. Pengguna menawarkan kekuatan komputasi mereka untuk memverifikasi dan mencatat pembayaran ke buku besar umum yang dikenal sebagai blockchain. Bitcoin yang sudah ditambang adalah yang beredar dan bisa ditukarkan dengan barang dan jasa. Hanya akan ada 21 juta bitcoin yang ada dan pecahan terakhir bitcoin akan diperoleh oleh para penambang pada tahun 2140. Jika eksperimen bitcoin yang hebat ini berhasil dan orang masih menggunakannya setelah itu, penambang BTC akan didukung secara eksklusif dengan jumlah biaya transaksi yang kecil agar transaksi Anda dimasukkan dengan cepat ke dalam blockchain. Namun, koin ini dapat dibagi menjadi unit yang lebih kecil, tidak seperti mata uang bitcoin biasa yang dapat dibagi hingga 10^8, yang berarti bahwa seiring berjalannya waktu, orang akan memiliki kemampuan untuk menggunakan bitcoin sedikit kecil untuk membeli barang. Unit terkecil yang terpecah dari bitcoin diberi nama ‘Satoshi’.

BAGAIMANA HARGA BITCOIN DIHITUNG?

Harga bitcoin ditentukan oleh penawaran dan permintaan. Ketika permintaan untuk bitcoin meningkat, harga naik dan saat permintaan turun, harga turun. Hanya ada sedikit BTC yang beredar dan bitcoin baru dibuat pada tingkat yang diperkirakan berkurang. Permintaan harus mengikuti tingkat inflasi ini untuk menjaga agar harga tetap stabil.

MENGAPA ORANG PERCAYA BITCOIN?

Tidak seperti sistem pembayaran fiat terpusat, Bitcoin sepenuhnya open-source dan terdesentralisasi. Transaksi dapat diverifikasi secara independen setiap saat. Pembayaran Bitcoin bisa dilakukan seketika dan langsung tanpa perantara. Seluruh sistem dilindungi oleh kombinasi kriptografi kurva eliptik dan hashing pada kurva sha256. Secara bersamaan mekanisme ini cukup menyediakan ruang kunci acak yang cukup besar yang tidak dapat diserang oleh hacker atau dipermainkan melalui matematika.

SIAPA YANG MENGONTROL JARINGAN BITCOIN?

Tidak ada organisasi atau individu yang memegang kendali penuh terhadap seluruh jaringan. Jaringan Bitcoin tidak memiliki ketergantungan pada otoritas pusat atau administrator tunggal. Mengelola transaksi dan menerbitkan bitcoin baru dilakukan secara kolektif pada blockchain tersebut di atas. Protokol Bitcoin sendiri tidak dapat dimodifikasi tanpa kerja sama dari seluruh penggunanya dalam memperbarui perangkat lunak secara keseluruhan.

APA CIRI YANG MEMBUAT BITCOIN BERBEDA DENGAN UANG KONVENSIONAL?

Bitcoin memiliki beberapa fitur yang berbeda dari mata uang yang didukung pemerintah, apa itu bitcoin?:

  • Sifat Bitcoin yang sangat terdesentralisasi membedakannya dari uang konvensional yang dikeluarkan oleh bank sentral atau agen federal.
  • Sangat mudah untuk setup Perangkat Lunak Bitcoin dan Mengambil Pembayaran. Tidak seperti rekening bank konvensional, Anda dapat mengatur alamat bitcoin dalam hitungan detik tanpa biaya atau dokumentasi.
  • Sifat anonim Bitcoin membedakannya dari uang konvensional. Rekening bank memiliki tautan ke nama asli Anda dan informasi identitas pribadi lainnya.
  • Transparansi pada blockchain membuatnya berbeda dengan uang konvensional. Semua transaksi bitcoin dan bitcoin yang baru diterbitkan dicatat dalam tampilan publik dan dapat dilihat secara langsung.
  • Kemudahan mentransfer uang. Anda dapat mengirim dan menerima uang di manapun di seluruh dunia dalam beberapa menit, segera setelah Anda menyiarkan transaksi, dikonfirmasi dan menyebar ke peer lain di dalam jaringan.
  • Anda dapat memilih biaya sendiri saat Anda mengeluarkan bitcoin. Pembayaran biaya transaksi yang tinggi dapat mendorong konfirmasi yang sangat cepat pada jaringan bitcoin. Namun, biaya tidak berkaitan dengan jumlah yang ditransfer, jadi memungkinkan untuk mengirim 10.000 BTC tanpa biaya, dan cukup menunggu sebentar untuk dikonfirmasi (sampai tiga hari.)
  • Transaksi Bitcoin aman, tidak dapat diubah, dan tidak mengandung informasi sensitif atau pribadi pelanggan. Hal ini memberikan perlindungan yang kuat terhadap pencurian identitas dibandingkan dengan cek atau kartu kredit.

Demikianlah informasi mengenai Apa itu Bitcoin?

Butuh software akuntansi atau payroll untuk mengontrol keuangan perusahaan

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *