Apakah anda adalah Staff di salah satu perusahaan atau Supervisor bahkan Owner di suatu perusahaan yang selalu bergelut dengan pembukuan perusahaan yang merupakan posisi inti untuk pengambilan keputusan melalui laporan keuangan? Maka perhatikanlah input data transaksi yang anda lakukan agar lebih maksimal. Dalam artikel Cara Mudah Memaksimalkan penggunaan Software Akuntansi akan dibahas tips dan trick bagi anda pemula yang ingin memaksimalkan input transaksi. Berikut Cara Mudah Memaksimalkan penggunaan Software Akuntansi  :

1. Pahami SOP Perusahaan anda

Cara Mudah Memaksimalkan Penggunaan Software Akuntansi

“Standar Operasional Prosedur atau disingkat dengan SOP adalah dokumen yang berkaitan dengan prosedur yang dilakukan secara kronologis untuk menyelesaikan suatu pekerjaan yang bertujuan untuk memperoleh hasil kerja yang paling efektif dari para pekerja dengan biaya yang serendah-rendahnya.”

Source : http://www.sumberpengertian.co/pengertian-standar-operasional-prosedur-sop

Pahami SOP perusahaan anda, ikuti aturan main perusahaan yang sudah di tetapkan, mainkan peran anda dengan posisi jabatan yang terdapat di SOP perusahaan anda, sehingga anda dapat memaksimalkan inputan dan memberikan kontriusi yang baik bagi perusahaan.

2. Fokus Lingkup Jobdesk anda

Cara Mudah Memaksimalkan Penggunaan Software Akuntansi

Apakah anda bagian Purchasing? Marketing? Warehouse? Accounting? Finance? Atau Supervisor?. Fokuskan Lingkup Jobdesk anda, cari posisi aman anda dengan memberikan perhatian lebih pada bagian dimana anda berada, agar lebih maksimal. Saling support dan cairkan suasana agar suasana semakin mendukung. Karena sebesar apapun tanggung jawab pekerjaan jika suasana mendukung akan membuahkan hasil yang maksimal.

3. Kenali Jenis Transaksi anda

Cara Mudah Memaksimalkan Penggunaan Software Akuntansi

Setelah tau SOP dan paham batasan jobdesk anda maka kenali jenis transaksi yang akan anda olah menjadi laporan. Karena jika anda salah memahami suatu jenis transaksi akan berakibat fatal. Apalagi setiap software mempunyai aturan main yang perlu diperhatikan. Untuk jenis jenis transaksi bisa dibaca di artikel berikutnya ya.

4. Siapkan Format Laporan

Laporan kerja merupakan sebuah hasil yang sudah kita proses, laporan yang baik adalah laporan yang mudah dipahami oleh semua pihak, untuk itu buatlah format laporan yang simple & mudah dipahami. Biasanya software akuntansi akan menyediakan jenis laporan secara umum, anda bisa memanfaatkan laporan yang ada, modifikasi sesuai kebutuhan untuk lebih mudah di gunakan sebagai pengambilan keputusan dalam jangka pendek dan jangka panjang. Dan 1 hal laporan kerja yang ada hasilkan adalah bagaimana anda melakukan inputan data transaksi pada software di perusahaan anda

 

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *