, ,

Jangan Takut Gagal Maju Terus Pantang Mundur

Bisnis memang tidak selalu untung. Pasti ada kalanya rugi. Hal ini pasti sudah diketahui oleh para pebisnis. Tidak heran jika seorang pebisnis itu harus punya mental tidak mudah menyerah. Yang paling penting, Jangan Takut Gagal Maju Terus Pantang Mundur.

Hal ini pernah dikatakan oleh seorang pebisnis sukses, Bob Sadino. Dia menyatakan bahwa pebisnis yang takut gagal itu, kuno. Karena untuk menjadi pebisnis ya tidak boleh takut gagal. Kalau gagal, ya siap-siap untuk bangkit lagi.

moving forward

Namun, jika bisa ya jangan sampai gagal. Apalagi gagal yang sampai membuat bangkrut dan tidak punya modal lagi untuk bangkit. Lalu bagaimana untuk menghindari hal yang tidak diinginkan? Nah..tips di bawah ini.

  1. Baca Kebutuhan Lingkungan

Salah satu inspirasi akan menjalankan bisnis apa adalah dengan membaca kebutuhan lingkungan. Misalnya saja banyak tetangga kita yang sibuk bekerja. Nah, kita bisa menawarkan jasa binatu, menjual masakan matang, atau penitipan anak.

  1. Target Konsumen

Sebelum menjalankan bisnis, ada baiknya kita memiliki target siapa yang akan menjadi konsumen. Misalnya saja orang tua, anak-anak, ibu hamil, dan masih banyak lagi. Semakin umum hal dijual, maka semakin luas juga target konsumen kita nantinya. Artinya semakin banyak pula yang membutuhkannya.

  1. Jadi yang Pertama

Menjadi pelopor merupakan salah satu kunci sukses di dunia bisnis. Misalnya saja kita memiliki ide untuk menjadi jasa pembersih kos-kosan. Ide tersebut belum pernah ada yang mencetuskan karena kita jadi yang pertama, maka konsumen yang bisa diajak kerja sama pun lebih banyak.

  1. Pemasaran

Jika sudah menetapkan akan berbisnis apa, jangan ragu untuk melakukan pemasaran secara masimal. Misalnya dengan membuat brosur, leaflet, spanduk, dan iklan di media cetak maupun elektronik. Iklan bisa mempengaruhi pembeli. Hal ini banyak dibuktikan oleh produk-produk kelas dunia atau nasional yang laris manis karena pengaruh iklan. Bahkan perusahaan besar pun menyediakan dana khusus untuk iklan ini.

  1. Jangan Takut Gagal

Kunci terakhir adalah jangan takut gagal. Jika kita memiliki perasaan pesimis, maka dalam menjalankan usaha pun akan demikian. Jadi tanamkan pikiran positif ketika menjalankan usaha. Jika hasilnya gagal, coba cari hikmah dan ilmunya. Kemudian, pengalaman tersebut kita gunakan untuk membuat bisnis baru. Tidak sedikit para pengusaha sukses yang harus melewati kegagalan demi kegagalan. Sekali lagi Jangan Takut Gagal Maju Terus Pantang Mundur!

lembur2

Kami adalah ACIS Indonesia, konsultan penjualan resmi software-software akuntansi seperti Jurnal ID, EASY Accounting Software, ACCURATE, ACOSYS, ZAHIR dll serta kami menyediakan jasa Implementasi Accounting Software untuk seluruh Indonesia mulai dari Aceh, Padang, Jambi, Bengkulu, Medan, Palembang, Bangka Belitung, Serang, Jakarta, Bandung, Semarang, Surabaya, Bali, Pontianak, Balikpapan, Manado, Makasar sd.Jayapura. Dapatkan info lebih lanjut dari kami dengan menghubungi email sales@acisindonesia.com atau telp 021-2901 8652 dengan Tim Solution Expert kami yang siap membantu Anda.

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *