akuntanesia.net

Pencatatan Akuntansi Biaya-biaya adalah suatu bidang akuntansi yang diperuntukkan bagi proses pelacakan, pencatatan, dan analisa terhadap biaya-biaya yang berhubungan dengan aktivitas suatu organisasi untuk menghasilkan barang atau jasa. Biaya didefinisikan sebagai waktu dan sumber daya yang dibutuhkan dan menurut konvensi diukur dengan satuan mata uang. Penggunaan kata beban adalah pada saat biaya sudah habis terpakai dan setelah itu dimasukan ke dalam Pencatatan Akuntansi Biaya-biaya. Pencatatan Akuntansi Biaya-biaya merupakan proses dari penyediaan informasi keuangan yang terdiri  dari pencatatan data hingga menyusunnya ke dalam sebuah laporan keuangan yang berdasarkan pada tahapan-tahapan dalam penyusunan laporan keuangan.

Pencatatan Akuntansi Biaya-biaya

Laporan keuangan sendiri merupakan bentuk informasi keuangan dalam bentuk debit atau kredit sehingga mudah dipahami oleh pengguna informasi tersebut. Laporan keuangan juga harus bersifat relevan, mudah dimengerti serta dapat diperbandingkan. Misalnya saja dalam perusahaan industri atau manufaktur, tentunya terdapat kegiatan produksi seperti proses produksi mengolah bahan baku menjadi sebuah produk jadi yang dijual kepada konsumen.

Secara umum, proses siklus akuntansi biaya pada sebuah perusahaan terdiri dari beberapa proses, Tentunya siklus akuntansi biaya yang dimiliki tiap perusahaan akan berbeda satu sama lainnya. Hal ini dikarenakan siklus akuntansi biaya tentunya dipengaruhi dengan siklus kegiatan yang dilakukan oleh perusahaan tersebut. Berikut ini beberapa siklus akuntansi biaya yang didasarkan pada jenis-jenis perusahaan.

  1. Siklus Akuntansi Biaya Pada Perusahaan Dagang

Siklus akuntansi biaya yang ada pada perusahaan dagang dimulai pada saat pembelian barang dagangan dengan tidak mengolahnya lebih lanjut dan kemudian diakhiri dengan penjualan kembali dari barang-barang tersebut kepada konsumen. Bila kegiatan perusahaan tersebut hanya membeli dan menjual barang atau produk, maka siklus akuntansi biaya dimulai dari saat pencatatan dari harga pokok barang dagangan yang dibeli. Kemudian diakhir dengan penyajian dari harga pokokb barang yang sudah dijual. Tujuan utama dari siklus akuntansi biaya di dalam perusahaan dagang adalah untuk menyajikan informasi yang terkait dengan harga pokok barang yang dijual, biaya administrasi, biaya pemasaran, hingga biaya-biaya umum lainnya.

  1. Siklus Akuntansi Biaya Pada Perusahaan Jasa

Sebenarnya siklus akuntansi biaya pada perusahaan jasa sama dengan perusahaan dagang, hanya saja yang membedakan adalah jenis usaha yang dilakukan. Jika perusahaan dagang menjual barang. Namun pada perusahaan jasa, yang dijual dalam bentuk layanan jasa. Jika perusahaan dagang memiliki persediaan barang dagangan, namun tidak dengan perusahaan jasa. Pada perusahaan jasa, inti dari kegiatan usaha nya adalah untuk menyediakan pelayanan atau jasa. Siklus kegiatan dari perusahaan jasa adalah pada persiapan penyerahan jasa hingga jasa tersebut sudah berada pada penggunanya.  Maka siklus akuntansi biaya dimulai dari pencatatan biaya-biaya yang digunakan untuk persiapan penyerahan jasa dan kemudian berakhir dengan penyajian harga jasa yang diserahkan kepada pengguna jasa. Tujuan dari adanya akuntansi biaya dalam perusahaan yang bergerak di bidang jasa adalah untuk menyajikan informasi mengenai harga pokok per satuan jasa yang digunakan oleh pengguna jasa.

  1. Siklus Akuntasi Biaya Pada Perusahaan Manufaktur

Pada perusahaan bidang manufaktur, siklus kegiatan dari perusahaan ini dimulai saat pengolahan bahan baku pada proses produksi dan diakhiri dengan penyerahan produk ke dalam gudang penyimpanan. Sehingga siklus akuntansi biaya yang ada pada perusahaan manufaktur dimulai dari pencatatan harga dari bahan-bahan baku yang akan diproses kemudian mencatat biaya-biaya yang dikeluarkan lainnya seperti biaya tenaga kerja, biaya overhead pabrik, dan lainnya. Setelah itu, siklus akuntansib biaya diakhiri dengan menyajikan harga pokok produk yang sudah jadi kepada bagian gudang produksi.

Semua pencatatan yang diatas sangat sekali penting di dalam Pencatatan Akuntansi Biaya-biaya, kini di era modern Easy Accounting tumbuh sebagai salah satu Software Akuntansi Untuk Mencatatan Transaksi-transaksi yang berkaitan dengan akuntansi. Dukungan teknis dan support yang penuh sangat dibutuhkan oleh pengguna software Akuntansi. EASY Accounting memberikan akses komunikasi yang luas dengan user melalui telpon, email, chat dan remote accsess untuk membantu masalah yang Anda hadapi agar cepat ditangani. Dengan after sales service dan support yang baik dari EASY maka akan sangat membantu dalam menjalankan software di usaha Anda.

Kami adalah konsultan penjualan resmi untuk EASY Accounting Software untuk seluruh Indonesia mulai dari Aceh, Padang, Jambi, Bengkulu, Medan, Palembang, Bangka Belitung, Serang, Jakarta, Bandung, Semarang, Surabaya, Bali, Pontianak, Balikpapan, Manado, Makasar sampai Jayapura. Dapatkan info lebih lanjut dari kami dengan menghubungi email sales@acisindonesia.com atau telp 021-29018652 dengan Tim Solution Expert kami yang siap membantu Anda.

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *